Ruang Kolaborasi

Silakan Bapak & Ibu mengamati narasi dibawah ini

Ibu Diah adalah guru kelas di sebuah SLB.  Pada tahun ajaran yang akan datang bu Diah akan memiliki 5 orang siswa baru. Sebelum tanggal efektif pembelajaran, Bu Diah berinisiatif untuk memanggil masing-masing orangtua sebagai bagian dari asesmen dan pengenalan.

Bu Diah membuat jadwal yang berbeda untuk setiap orangtua. Selain sebagai bagian dari protokol kesehatan, Bu Diah ingin setiap orangtua mendapatkan kesan yang menyenangkan Ketika pertama bertemu dengannya.

Ketika hari H pertemuan. Bu Diah selalu menyambut mereka dengan antusias.  Ada beberapa orangtua yang khawatir dan malu untuk bertemu, tetapi setelah bertemu dengannya, mereka merasakan kenyamanan dan yakin menitipkan anaknya di kelas bu Diah. Ada juga orangtua yang tetap tidak bisa bertemu secara langsung sehingga bu Diah menawarkan mereka untuk bisa video call.

Pada bulan-bulan pertama pembelajaran muncul kendala antara bu Diah dengan para orangtua. Seperti beberapa tidak dapat mendampingi anaknya karena bekerja dan ada yang jarang sekali memberikan respon ketika bu Diah mencoba menghubungi. Bu Diah terus mengikuti kabar para orantua tersebut agar mereka tidak tertinggal dengan para orangtua yang lain. Terdapat juga masalah lain dihadapi dimana terjadi ketidaksepakatan antar orangtua tentang jadwal video conference siswa. Untuk mengakomodir hal tersebut, Bu Diah memutuskan membuat jadwal yang berbeda untuk dua kelompok siswa sesuai dengan kesediaan waktu orangtua dalam mendampingi.

Bu Diah mengadakan forum diskusi dengan orangtua, dan biasanya pada saat itulah orangtua akan menyampaikan keluhannya dan kekhawatiran mereka. Bu Diah selalu mengajak mereka untuk melihat anak mereka dengan berbagai keunikan dan kelebihannya. Walaupun tidak mudah mengubah cara berpikir mereka, tetapi bu Diah selalu melakukan ini kepada semua orangtua.

Terkadang ada orangtua yang menghubungi sekedar untuk “curhat”, bu Diah mencoba untuk mendengarkan dan ketika sedang sibuk, bu Diah menyampaikan bahwa dia akan menghubungi Kembali Ketika waktu sudah senggang.

Bu Diah membuat jadwal yang berbeda untuk setiap orangtua. Selain sebagai bagian dari protoko kesehatan, Bu Diah ingin setiap orangtua mendapatkan kesan yang menyenangkan Ketika pertama bertemu dengannya.

Berdasarkan studi kasus diatas, silakan kaji pertanyaan dibawah ini:

  1. Apa strategi yang telah bu Diah lakukan kepada orangtua siswa?
  2. Apa dampak dari yang bu Diah telah lakukan bagi dirinya, orangtua, dan siswa?
  3. Apa yang perlu ditingkatkan dari bu Diah?

Tulis jawaban Anda, dan Anda juga di dorong untuk menanggapi jawaban peserta lain.

Klik Post a Comment dibawah ini untuk memulai berdiskusi

Post a comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *