PEMBUKA
TOPIK 1: Apa itu Pembelajaran Menyenangkan?
TOPIK 2: TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN
TOPIK 3: RAGAM APLIKASI PEMBUATAN MEDIA BERBASIS TIK UNTUK FUN LEARNING
TOPIK 4: RAGAM APLIKASI UNTUK PENGELOLAAN FUN LEARNING BERBASIS TIK
PENUTUP

Penguatan Konsep

Pembelajaran melalui permainan atau games adalah pendekatan yang menarik dan efektif dalam mengajarkan berbagai konsep dan keterampilan kepada peserta didik. Dengan menggabungkan elemen-elemen interaktif dan tantangan yang menyenangkan, metode ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan peserta didik, tetapi juga memungkinkan mereka untuk belajar dengan lebih efektif tanpa merasa terbebani. 

Melalui games, konsep yang kompleks dapat dipecahkan menjadi elemen-elemen yang lebih mudah dipahami, Aktivitas kerja sama dan kompetisi sehat dalam permainan antar pemain juga mendorong pengembangan keterampilan sosial dan kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian, pembelajaran melalui permainan menciptakan lingkungan di mana kesalahan dianggap sebagai bagian alami dari proses belajar dan merangsang minat peserta didik untuk terus menjelajahi serta memahami berbagai aspek materi pelajaran secara mendalam.

Untuk itulah, pembuatan media pembelajaran dengan gamifikasi menjadi suatu hal yang sayang untuk dilewatkan ketika Anda ingin menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Terdapat berbagai aplikasi yang dapat digunakan pendidik untuk membuat media games untuk menciptakan pengalaman belajar, Berikut beberapa aplikasi populer di antaranya.  

  1. Wordwall

Gambar 5.5 Games Maze Chase dari Wordwall

Wordwall adalah sebuah platform pembelajaran yang memungkinkan pendidik untuk membuat berbagai jenis aktivitas interaktif berbasis kata-kata dan konten pendidikan lainnya. Platform ini dirancang khusus untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif melalui penggunaan elemen-elemen permainan. Dengan Wordwall, pendidik dapat membuat berbagai jenis permainan dan latihan yang melibatkan peserta didik dalam belajar dengan cara yang menyenangkan. Beberapa contoh aktivitas yang dapat dibuat menggunakan Wordwall meliputi kuis, kartu memori (memasangkan kata), puzzle (teka-teki kata), kalimat acak (menyusun kalimat dari kata acak), dinding kata, dan kreasi kata.

Wordwall menyediakan berbagai template dan opsi kustomisasi sehingga Anda dapat membuat aktivitas yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Anda. Platform ini juga memungkinkan Anda untuk melacak kemajuan peserta didik dan memahami bagaimana mereka berinteraksi dengan aktivitas yang Anda buat.

  1. Quizizz

Gambar 5.6 Logo Quizizz

Platform Quizizz adalah sebuah alat pembelajaran daring yang memungkinkan pendidik untuk membuat kuis interaktif yang menarik dan melibatkan peserta didik dalam pembelajaran. Dalam platform ini, pendidik dapat membuat berbagai jenis pertanyaan seperti pilihan ganda, urutan, seret dan dan masih banyak lagi. peserta didik dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini secara langsung melalui perangkat mereka, sambil bersaing dengan teman-teman dalam mode permainan yang kompetitif. Platform ini menawarkan fleksibilitas dan kustomisasi, memungkinkan pendidik untuk mengatur waktu jawaban, memilih acakan pertanyaan, serta menambahkan elemen visual dan audio untuk meningkatkan daya tarik.

Gambar 5.7 Fitur membuat kuis pada Quizizz

Di Quizizz, Anda bisa memainkan berbagai jenis permainan kuis yang mengasyikkan dan mendukung pembelajaran. Beberapa permainan yang dapat dimainkan di platform ini meliputi pertanyaan pilihan ganda, benar/salah, teka-teki visual, pengurutan, dan pertanyaan dengan isian singkat. Selain itu, Anda dapat menyelipkan elemen audio atau video dalam pertanyaan dan menggabungkan berbagai jenis pertanyaan untuk membuat kuis yang lebih menarik. Dengan suasana permainan yang kompetitif, peserta didik merasa lebih terlibat dalam proses pembelajaran sambil meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

  1. Kahoot!

Gambar 5.8: Ilustrasi Games pada Kahoot!

Sumber: thereadingroundup.com

Platform Kahoot! adalah sebuah alat pembelajaran interaktif yang sangat populer, yang memungkinkan pendidik untuk membuat kuis, jajak pendapat, dan jajak pendapat interaktif. Dalam Kahoot, pengajar dapat membuat pertanyaan dengan pilihan ganda yang dapat diakses oleh peserta didik melalui perangkat mereka. Kekuatan utama Kahoot! adalah pengalamannya yang sangat kompetitif dan menyenangkan, di mana peserta didik bersaing untuk menjawab pertanyaan secepat mungkin sambil memenangkan poin. Platform ini menciptakan suasana permainan yang meriah dengan musik dan gambar yang menghibur, serta menampilkan peringkat langsung setelah setiap pertanyaan. Ini membuat pembelajaran lebih menarik dan melibatkan.

Di Kahoot, Anda dapat memainkan berbagai jenis permainan interaktif. Pertama, ada “Classic Mode”, di mana masing-masing peserta didik berlomba menjawab serangkaian pertanyaan dengan pilihan ganda, mendapatkan poin berdasarkan kecepatan dan kebenaran jawaban. Kedua, ada “Challenge Mode”, yang memungkinkan peserta didik untuk memainkan kuis kapan saja, bahkan di luar kelas, tanpa ada tekanan waktu. Ketiga, ada “Survey Mode”, di mana Anda dapat membuat jajak pendapat atau kuesioner interaktif untuk mengumpulkan tanggapan peserta didik terhadap pertanyaan. Kahoot juga memiliki fitur “Blind Kahoot”, di mana pertanyaan dan jawaban ditampilkan di perangkat peserta didik, bukan di layar kelas, yang memungkinkan peserta didik lebih fokus dalam menjawab. Kesemuanya ini menyumbang pada pengalaman pembelajaran yang unik dan interaktif dalam platform Kahoot.

Post a comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *