PEMBUKA
TOPIK 1: Apa itu Pembelajaran Menyenangkan?
TOPIK 2: TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN
TOPIK 3: RAGAM APLIKASI PEMBUATAN MEDIA BERBASIS TIK UNTUK FUN LEARNING
TOPIK 4: RAGAM APLIKASI UNTUK PENGELOLAAN FUN LEARNING BERBASIS TIK
PENUTUP

6. Pembelajaran Berbasis Narasi

Pembelajaran berbasis narasi merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan narasi atau cerita ke dalam proses pembelajaran. Model ini bertujuan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik dengan menggunakan narasi sebagai landasan utama. 

Misalnya dalam kelas bahasa, pendidik menggunakan cerita untuk meningkatkan kosa kata, pemahaman, dan keterampilan berbicara peserta didiknya. Setelah memilih cerita, kegiatan diawali dengan kegiatan pra membaca, seperti brainstorming kosa kata yang relevan, mendiskusikan tema terkait, atau memprediksi plot berdasarkan judul atau sampul cerita.

Selanjutnya cerita dibacakan dengan nyaring, dan cerita berhenti sejenak pada poin-poin penting untuk memantau pemahaman denganĀ  diskusi tentang plot, karakter, dan tema. Selama bercerita, pendidik memperkenalkan kosa kata atau frasa baru yang ditemui dalam teks. Siswa diarahkan untuk mengidentifikasi arti dari kata-kata baru tersebut melalui konteks dan melakukan berbagai aktivitas seperti mencocokkan, permainan kata, atau membuat kalimat mereka sendiri menggunakan kata-kata yang baru dipelajari.

Setelah kegiatan membaca cerita selesai, peserta didik melakukan berbagai kegiatan untuk memperkuat kemampuan berbahasa, misalnya menceritakan kembali, bermain peran karakter, menulis kreatif cerita dengan versi atau sekuel cerita mereka sendiri, membuat gambar ilustrasi cerita, atau komik.

Melalui kegiatan pembelajaran berbasis narasi ini, siswa aktif terlibat dalam pengembangan keterampilan bahasa, memperbaiki pemahaman, memperluas kosakata, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa. Pendekatan berbasis narasi membuat pembelajaran bahasa lebih menyenangkan, karena siswa terlibat secara mendalam dalam cerita, berhubungan dengan tokoh, dan terhubung dengan bahasa secara bermakna.

Dengan menggabungkan pembelajaran berbasis narasi dalam kelas bahasa, akan tercipta lingkungan pembelajaran yang dinamis dan menyenangkan di mana peserta didik dapat menjelajahi kekayaan bahasa melalui kekuatan narasi.

Pembelajaran berbasis narasi bisa diaplikasikan ke dalam berbagai subjek materi dan menggunakan media. Anda dapat membaca artikel ilmiah mengenai penggunaan perangkat gawai pada pembelajaran berbasis narasi pada tautan ini.

Post a comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *